Rempeyek Kacang Teri

SONY DSC
Hello all.. howdy do? Terus terang hari ini saya sedang bersedih, tepat kemarin, saya kehilangan ponsel kesayangan yang banyak memberi arti buat saya khususnya cintaresep. 4 tahun bersama dengannya melewati banyak suka dan duka, dari mulai sering dikecapin, ternoda bumbu-bumbu dapur, maupun basah dan lengket2 ga jelas. Karena saya suka sekali membawanya ke dapur. Browsing resep, posting medsos, save resep, dan akses langsung saya ke cintaresep. Hampir setiap hari tiap jam benda ini bersama-s...
More

Tempe Goreng Sambal Cikur (Kencur) ala Mama

SONY DSC
Hello guys.. Semasa masih anak-anak dan tinggal di rumah mama, ibu saya, beliau suka membuat sambal cikur atau nama lainnya kencur, dan "membejek-bejek" tempe goreng di atas cobek lalu menyatukannya dengan sambal buatannya. Jujur saja, ini adalah salah satu menu sederhana yang tidak pernah saya protes bila ibu saya membuatnya. Selain tempe goreng, mama juga kerapkali "membejek-bejek" tauge / toge mentah diatas sambal. Ini juga adalah menu simple yang sangat saya suka setengah mati. Kalau suda...
More

Mustofa Kering Kentang

SONY DSC
Halo, teman2.. Buat teman2 yang udah sering banget berkunjung ke cintaresep dan baca2 cerita geje saya pasti tau kan ya kalo saya ini penggemar masakan kampung, alias anak warung banget meskipun makan di warung jarang banget. Maksudnya?? Iya , jadi selera saya adalah makanan yang tradisional banget tapi saya agak geli2 sombong kalo makan di warung beneran. Pasti merhatiin banget lah gimana prosedur kebersihannya, nyuci piringnya dimana, ada hewan yang berkeliaran ga, semua pasti di...
More

Ayam Goreng Bogor + Sambal Korek

1424531781482
Hai hai readers... Ada yang pernah tahu Bebek Goreng H. Slamet dengan Sambal Koreknya yang cetar membahana pedasnya? Pertama kali saya jatuh hati sama kuliner pak Haji ini adalah saat melakukan perjalanan mengelilingi Pulau Jawa 5 tahun silam. Ternyata cabangnya banyak lho, di setiap kota itu biasanya ada satu. Pertama nyobain Bebeknya, wah kaget dengan ukurannya yang gede banget. Yang paling istimewa itu sambelnya. Maknyus pedesnya dan wangi banget. Sesampainya di Bandung, baru ngeh karena ...
More

Sambal Ikan Teri Daun Jeruk

teri sambal3
Hai readers, Sebelumnya, Cintaresep mau mengucapkan Selamat Tahun Baru Imlek buat teman2 yang merayakan Semoga di tahun yang baru ini kesuksesan, kemakmuran, dan kebahagiaan selalu menyelimuti hidup teman2 yaaa... Gong Xi Fa Cai 2566 ...Kiong Hi Kiong Hi... Postingan kali ini ga ada hubungannya dengan menu Imlek ya, hihi karena terus terang saja saya ga masak di malam imlek. Sesuai tradisi biasanya Ibu saya lah yang memasak. Saya tinggal datang ke rumah Ibu, mengucapkan Selamat Tahun Bar...
More

Soto Sokaraja + Sambal kacang

image
Lagi gundah gulana di meja dapur, merenungi buku resep sambil sarapan nasi kuning. Saya punya daging has 500 gr koq ya susah banget cari idenya mau dimasak apa. Akhirnya mata pun tersangkut di resep Soto Sokaraja yang ada di buku resep karangan Bu Sisca Soewitomo. meskipun temennya ga terlalu lengkap, gak papa deh capcus masak soto. imageMore

Sate Buntel + Sambal Kecap

SONY DSC
Sejujur2nya hati ini, agak dongkol kalo inget pernah buat sate Buntel. Hahahah why whyyy??? iya opini saya pribadi sih begini, orang solo itu telaten dan kadar sabarnya sepertinya memang sangat2 tinggi sampe2 bisa menciptakan sate sejenis ini. Gimana engga, sudah harus digiling terlebih dahulu yang akan memakan waktu ketimbang hanya dipotong kotak2 saja, ehh, setelah jadi pun masih harus ditantang kesulitan membuntel2 daging supaya bisa nempel sama stik bambu. Lalu setelah berjuang membuntel2 sa...
More

Ayam Bakar Brebes + Sambal Terasi ~ I loveeee Java Food

Semasa hamil dulu, karena susaaaahhhh banget si utun diajak masuk dapur, jadinya saya cuma bisa mandangin resep2 di majalah dan tabloid, bolak balik dengan putus asa hahahaha... Akhirnya timbul ide buat mengklipingnya dengan binder, jadi lumayan hasrat memasak sedikit tersalurkan. Nah, selagi ide masak mentok, saya teringat koleksi resep ini. Ketemulah resep ayam bakar brebes. Sumbernya dari Tabloid Sajian Sedap dengan modifikasi sesuai selera cintaresep....
More

Dumpling aka Dimsum Ayam, lagi demen masak centil ^^

Berawal dari jalan2 di blog masak punya orang, ngeliat post tentang bikin dumpling aka dimsum koq ya lucu bikinnya dilipet2 gitu pake kulit gyoza dan kulit pangsit, ada yang bentuk kipas ada yang bentuk topi bundar, emak centil ini jadi kepengen bikin hihi...tapi emang minusnya, bikinnya satu buah 1 menit makannya happp 1 detik halaahh Jadi step pertamanya, mulai deh dibeli kulit gyoza dan kulit pangsit kotak (nanti dicetak bulat), harusnya pakai udang tapi karena udangnya udah dibuat More

Sambal Bajak nyum nyumm

Udah lama ga nyambel nih, biasanya bikin sambel ya gitu2 aja simple2 dan asal cemplang cemplung ke coet and ulek deh, tp skrg rasanya pengen bikin yang lain gara2 bikin daging sapi dimasak krawu, pasangannya sih kelapa parut jadi kayak nasi/ sego krawu Gresik yang terkenal itu tapi niat diet akan sangat gagal kalo masak yang kelapa2an lagi, kasian perut buncit ini menanggung beban lebih lagi hoho.. jadinya masak daging krawu aja ditemenin sama sambal bajak. Bahannya gampang aja dan enakkkk.. mak...
More