Helo readers…

Membuat makanan yang tidak hanya enak tetapi juga sehat adalah passion saya didunia masak. Karenanya setiap kali memutuskan untuk membuat suatu makanan tertentu saya selalu mempertimbangkan manfaatnya untuk konsumen setia saya dirumah. Nah, karena si kecil suka sekali wortel dan kismis, saya ingin membuat cupcakes berbahan dasar ini. Saya sudah membayangkan bahwa cupcakes ini nantinya akan sangat lezat dan juga kaya vitamin untuk Gregory, pusat perhatian terbesar saya selain ayahnya ;D

carrotcupcakes2

Setelah selesai memanggang ternyata bukan hanya Gregory, suami saya juga suka mendapati aroma bumbu spekuk yang ada didalam cupakes ini. Selain rasanya yang manis ringan, cupcakes ini juga berisi biji kwaci yang ikut menambah tekstur kue. Im very lovin it.

Asisten rumah tangga saya yang merangkap tukang kebun adalah seorang bapak yang usianya cukup tua. Dia juga turut menikmati cupcake ini. Komentarnya membuat saya tersipu, ” ini teh kue apa neng? enakk..bisa dijual ini neng.” :) Saya ga bisa jawab. Someday pak, someday …:)

SONY DSC

Resep Carrot Cupcakes
untuk 15 buah cupcase ukuran besar

Bahan :
200 gr wortel import, parut dengan parutan keju, peras, sisihkan airnya
100 gr kismis, cincang
75 gr  kwaci / pumpkin seed
175 gr gula palem
3 butir telur
200 gr tepung terigu protein sedang / tepung serbaguna
1/2 sdt soda kue
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt garam
2 sdt bumbu spekuk
cara membuat bumbu spekuk homemade : campurkan kapulaga bubuk + pala bubuk + kayumanis bubuk + cengkeh bubuk (takaran yg saya pakai seujung sdt dari 4 jenis bumbu tsb)

Topping: 
sedikit olesan buttercream atau cream cheese siap pakai
taburan kwaci atau kismis
keju, parut
hiasan fondant berbentuk carrot

Cara Membuat :
1. Panaskan oven hingga 175 derajat celcius. Siapkan cupcase atur dalam loyang
2. Kocok telur dan gula palem sampai lembut.
3. Ayak tepung terigu, soda kue, baking powder, garam, dan bumbu spekuk bersamaan. Aduk hingga bercampur rata. Masukkan dalam 2 bagian ke adonan gula palem. Kocok hingga menyatu.
4. Tuangi minyak sayur sedikit demi sedikit ke dalam adonan sambil dikocok hingga rata
5. Tambahkan wortel, kismis, dan kwaci ke dalam adonan sambil diaduk perlahan hingga semua bahan tercampur rata
6. Tuang adonan ke dalam paper cup hingga tiga perempat bagian dari bibir cup. Panggang dengan suhu 160 derajat celcius selama 25 menit. Jangan lupa putar loyang supaya cupcake matang merata. Tusuk dengan tusuk gigi untuk mengetes kematangannya. Bila kering artinya matang. Bila basah tunggu beberapa saat hingga matang sempurna.
7. Olesi dengan buttercream atau cream cheese, hias dengan topping sesuai selera anda.

SONY DSC

Hasilnya cupcake yang mengembang sempurna dengan isian wortel, kwaci, dan kismis. Harum spekuknya begitu menggoda. Cocok dimakan buat sore hari ataupun makan pagi. Enak banget! Our favorite ever :)
Tips : Just info, karena bumbu spekuk di tbk harganya agak lumayan dan saya jarang pakai, saya memutuskan untuk membuatnya secara homemade. Bagi Anda yang juga tidak sempat membeli, bisa menggunakan cara saya diatas. Kebetulan saya memang sedia banyak bumbu dalam bentuk bubuk, jadi tidak perlu beli lagi. Tips ini cocok bagi Anda yang punya anak kecil dan tidak ingin rempahnya terasa terlalu kuat. Samar saja but its tastes so freakin’ gooodd !

SONY DSC

with love,
cintaresep

Facebook Comments
♥ Chocolate Cupcakes ♥

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Antispam *