Halo, dear readers…  ♥

Memiliki seorang suami yang menyukai ikan membuat saya sangat memperhatikan menu makan mingguan kami. Saya yang lebih suka ayam dan sayur mayur berusaha memasukkan menu ikan, selain ayam dan daging merah. Setidaknya dalam seminggu 1 hingga 2 kali harus ada menu berbahan dasar ikan. Bagus juga sebenarnya, karena ikan adalah protein rendah kolestrol yang gizinya sangat tinggi untuk kecerdasan otak dan kesehatan tubuh kita.

Kalo di daerah saya, tukang sayur sering banget jual ikan ekor kuning. Harganya murah, dagingnya empuk seperti ikan kakap dan tidak berbau amis. Ikan ekor kuning yang segar sangat nikmat buat dibakar, digoreng, dipanggang, dll. Kelemahannya adalah ikan ekor kuning tidak setahan lama ikan kakap dalam keadaan mentah. Jadi disarankan untuk langsung diolah setelah dibeli. Oh ya, ikan ekor kuning ini adalah ikan hasil laut ya, jadinya ga bau tanah dan dagingnya gurih. Ikan laut adalah  jenis ikan kegemaran kami dibandingkan ikan air tawar.

SONY DSC
Pindang Kuah Asam Pedas Ikan Ekor Kuning

Biasanya mama saya akan menggoreng atau memasak bumbu kuning ikan ekor kuning dan menyajikannya dengan sambal pedas andalannya yang sangat saya dan suami sukai. Selebihnya, saya tidak tahu lagi enaknya ikan ini dimasak apalagi. Beberapa tetangga yang saya jumpai di tukang sayur bilang katanya dagingnya cocok dibuat baso ikan, alternatif bahan selain ikan tenggiri yang lebih mahal. Tapi, saya pribadi lebih suka daging ikan segar yang tidak diolah dengan tambahan tepung. Lebih berasa manfaat ikannya.

Biasanya, saya dan suami tidak terlalu suka masak ikan dengan cara seperti dikukus, ditim, atau dikuah. Tapi saya tergoda untuk sekali2 mencoba dipindang. Sepertinya akan segar sekali rasanya. Setelah mengolah resep di dalam benak saya, saya memasak Pindang Kuah yang rasanya perpaduan antara asam dan pedas rawit. Sesungguhnya saya benar2 tidak menyangka bahwa hasilnya akan seenak kenyataan yang saya terima. Bahkan saking terpesonanya, saya yang jarang bisa melahap ikan, bisa menghabiskan 1 ekor ikan sendirian. Buat lidah saya, ini benar2 enak dan nendang banget. Lezatnya puolll. Identik dengan pendapat saya, suami pun sangat suka resep ini. Bakalan jadi resep andalan saya pastinya. :)

SONY DSC
Pindang Kuah Asam Pedas Ikan Ekor Kuning

Resep Pindang Ikan Ekor Kuning

Bahan :
2 ekor ikan ekor kuning ukuran besar, cuci bersih, buang insang dan isi perutnya, buang sirip kanan kirinya, buat 4 sayatan pada badannya
1 batang daun bawang, iris lebar
1 buah bawang bombay, diiris panjang
3 siung bawang putih, iris2 tipis
2 buah cabai hijau, potong kotak
7 buah cabai rawit, biarkan utuh
5 mata asam, aduk dengan air panas
3 lembar daun salam
1 kelingking kunyit, iris2 tipis memanjang
1 batang serai, geprek, ambil bagian putihnya
1 buah jeruk lemon
1 sdm kecap manis
1 sdm kecap asin
300 ml air
2 + 1/2 sdt garam
1/4 sdt merica

Cara Membuat :
1. Lumuri ikan ekor kuning dengan setengah buah jeruk lemon dan 2 sdm garam, diamkan 5 menit
2. Panaskan sedikit minyak, tumis bawang bombay dan  bawang putih hingga harum
3. Masukkan daun salam, kunyit, serai, cabai hijau, cabai rawit.
4. Tuangi air, air asam, 1/2 sdt garam, kecap manis, kecap asin, merica. Masak hingga mendidih.
5. Masukkan ikan ekor kuning. Aduk balik supaya ikan matang merata. Terakhir kucuri dengan perasan 1/2 buah lemon yang tersisa. Cicipi bila ada yang kurang, sesuaikan dengan selera Anda.
6. Sajikan.

SONY DSC

Pindang Kuah Asam Pedas Ikan Ekor Kuning

Cara makannya sama seperti postingan resep Sop ikan Kepala Salmon yang dulu pernah saya buat, bejek2 cabe rawit di piring anda untuk menikmati sensasi pedasnya. Kalo kata Pak Bondan ini baru maknyussss :)

 

 

Facebook Comments
Udang Tahu Goreng Merekah

Related Post

2 thoughts on “Pindang Kuah Asam Pedas Ikan Ekor Kuning

  1. Ikan lain bisa, Cyn? Aku nggak suka ikan tapi ini sepertinya gampang sekali bikinnya. Mestinya aku juga bisa. Ikan yang keleleran di pasar gitu lho, Cyn, seperti Mujair. Gimana menurutmu? Layak dicoba nggak?

    1. Aku belum pernah coba ikan air tawar dikuahin gini mba, cocoknya kan digoreng soalnya agak bau tanah kan kalo air tawar. Gimana kalo ikan laut tp yg lebih gampang, ikan kembung? Ada ga?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Antispam *