Halo teman-teman,

Semasa kerja dulu, kira-kira 6 tahun silam, rekan kerja saya pernah membagi resep semur ayam yang dimasak dengan coca cola. Tapi karena waktu itu orientasi saya adalah bekerja dan kuliah saya hanya menyimaknya sambil lalu. Beberapa pekan ini, ayam coca cola mulai ramai lagi dibicarakan di grup masak yang saya ikuti. Penasaran dengan rasanya, saya memutuskan untuk mencobanya. Menimbang Gregory sudah menginjak umur 3 tahun, saya pikir pemakaian bahan minuman berkarbonasi / soda ini tidaklah terlalu berbahaya.

Sekali-kali cintaresep masak resep yang kontroversial gapapa yah, biar ga bosen dan lebih menantang ;D Suami saya, Robert, malah sempet nanya ini rasanya kayak ayam panggang arak yang pake beer resep dia gak? Saya bilang engga, soda yang terdapat di dalam coca cola nantinya akan menguap dan yang tersisa hanya manisnya saja, ga ada aroma apa2. Warna coca cola yang hitam dan rasa manisnya akan mengkaramelisasi ayam sehingga warnanya cantik dan rasanya menggoyang lidah. Kalau kita mau ayam yang warnanya sepekat ini pasti kita butuh banyak kecap manis dan pasti rasanya manis bangettt. Kalo yang ini engga, manisnya pas. Apalagi kalau pakai saus sambal, rasa manis pedasnya akan mengingatkan kita pada spicy chicken wings kemasan frozen food yang banyak beredar di supermarket. Sempat juga adik saya mengingatkan tentang pemanis buatan yang mungkin terkandung dalam minuman coca cola. Memang beberapa jenis coca cola tertentu menggunakan pemanis buatan seperti diet coke. Tapi setelah saya baca komposisinya, gula yang dipakai adalah gula pasir. Jadi saya mulai tenang dan fokus buat mengeksekusinya.

Anyway, untuk sekali-kali, resep ini layak dicoba :)

SONY DSC

Resep Ayam Coca Cola ala cintaresep

Bahan :

1 kg ayam ras, paha pentung (paha bawah) dan sayap
400 ml coca cola
5 siung bawang putih, geprek
6 sdm saus tomat
6 sdm kecap manis
6 sdm saus sambal
1/2 sdt merica
2 sdt garam

Cara Membuat :

FYI, saya membuat versi pedas dan tidak pedas dengan membagi resep menjadi 2, satu pakai saus sambal satunya tidak. Berguna bagi Anda yang memiliki anak kecil. :)

1. Tumis bawang putih hingga harum. Masukkan potongan ayam yang sudah dicampur dengan saus tomat, kecap manis, saus sambal (bila tidak suka pedas, bisa diskip), garam dan merica.
2. Masak hingga ayam berubah warna. Tambahkan coca cola.
3. Kecilkan api, masak hingga coca cola menyusut, dan ayam matang.
4. Siap disajikan

Sudah bisa ditebak, seperti banyak orang yang sudah mencoba resep ini, kami juga sangat menyukainya. Citarasa yang berbeda menyegarkan ambang batas selera kami yang biasanya mengonsumsi masakan yang relatif sudah biasa. Mendengar namanya saja akan menerbitkan air liur kita ya..

Saya dan Robert memfavoritkan ayam coca cola yang spicy, karena itu yang duluan ludes tak bersisa dipiring. Sepertinya 1 kilogram ayam berdaging tebal ga cukup buat kami bertiga kalau dimasak seperti ini. ;D

SONY DSC

Facebook Comments
8 Minutes Chicken Steak by Cintaresep

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Antispam *