Hello guys..

Semasa masih anak-anak dan tinggal di rumah mama, ibu saya, beliau suka membuat sambal cikur atau nama lainnya kencur, dan “membejek-bejek” tempe goreng di atas cobek lalu menyatukannya dengan sambal buatannya. Jujur saja, ini adalah salah satu menu sederhana yang tidak pernah saya protes bila ibu saya membuatnya. Selain tempe goreng, mama juga kerapkali “membejek-bejek” tauge / toge mentah diatas sambal. Ini juga adalah menu simple yang sangat saya suka setengah mati. Kalau sudah dibuat, saya pasti akan makan lahap dan nambah2.

SONY DSC

Semenjak menikah, keistimewaan makan menu ini sulit sekali saya dapatkan, karena suami dan anak saya tidak begitu memfavoritkannya. Dan lagi, mengulek di atas cobek adalah hal yang sedikit merepotkan buat saya. Selain tenaga yang ga adaan, repot banget buat keluar2in cobek yang berat itu dari lemari dapur. Jangan diskredit yaaaa, kemajuan teknologi seperti blender khusus bumbu membuat manusia modern seperti saya berubah jadi kurang memiliki effort ;p

Suatu hari yang biasa saja, saya tiba2 kangen ingin makan tempe goreng bejek ini. Anak pemalas ini akhirnya desperate dan mulai angkat telfon, apalagi kalo bukan menghubungi mama. Jarak rumah kami yang tidak seberapa jauh membuat saya melontarkan kalimat ini “Ma, kerumah dong, aku pengen makan tempe yang dibejekin itu loh pake sambel. Aku ga bisa buat sambelnya.” Dan, ibu saya dengan baiknya bilang kalo dia lagi sibuk. Ga bisa mampir ke rumah saya. Huft, gagal deh jadi anak sekaligus ibu pemalesan. ;D

Tak berselang lama, datang pesan WA dari ibu saya, isinya resep bikin sambal kencur. Baik banget yaa….#sambilmewekmustinguleksambelsendiri.

Okaaayyyy…mari kita keluarin cobek dan ngulek seksi yukkkk..
Resepnya saya bagikan disini khusus untuk pembaca cintaresep. Tentunya sudah seijin ibu saya. :)

SONY DSC

Tempe Goreng Sambal Cikur

Bahan :
1 papan sedang tempe, iris2 tebal, goreng, sisihkan
minyak untuk menggoreng

Bahan sambal :
2 buah cabai merah
4 buah cabai rawit merah
1 sdt terasi
2 bulatan cikur / kencur, boleh ditambah bila suka
6 butir bawang merah
4 siung bawang putih
1 buah tomat merah
1 sdt garam
1/4 sdt gula

Cara Membuat :
1. Potong2 bahan sambal menjadi bagian sama besar (gunanya supaya tidak meledak2 saat digoreng), goreng diatas minyak panas hingga layu, tiriskan
2. Haluskan bahan sambal, tambahkan garam, gula.
3. Tekan2 tempe goreng satu persatu hingga menyatu dengan sambal
4. Aduk hingga rata.
5. Sajikan dengan nasi panas

Pada kenyataannya bukan saya sendiri yang mengulek sambal. Saya menyerahkannya pada seseorang dengan power lebih besar. Suami saya yang baru selesai berolahraga saya todong untuk mengulek. Dia tentu saja tidak bisa menolak saat saya menagih hasil dari olah ototnya. Minimal olahraga capek2 dan berkeringat bisa berguna untuk membantu istri di dapur. ;D

SONY DSC

Selamat mencoba ♥

Facebook Comments
8 Minutes Chicken Steak by Cintaresep
Mustofa Kering Kentang

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Antispam *