Hello all..

Made with Square InstaPic
Made with Square InstaPic

Telur ayam adalah bahan masakan yang sangat enak apabila direbus dengan benar. Walau merebus telur kelihatannya mudah, namun pada kenyataannya seringkali telur yang disajikan di resto terkenal sekalipun salah disajikan (sering overcooked ataupun undercooked).

Suatu malam, saya menonton film Mistresses di salah satu channel TV kabel, salah satu tokohnya adalah seorang koki yang sedang meraih peruntungan berkarir di dunia entertain, dia pun membuat sebuah kursus masak singkat sebagai bahan menaikkan pamornya. Saat kursus tersebut, hadir seorang pemilik tv yang mau melihat bakatnya dalam menjadi entertainer, khusunya dalam bidang masak. Ketika dimulai, si koki grogi banget. Dan salah satu peserta menangkap kesan tersebut dan menjadi kecewa serta menantang koki untuk mengajarinya hal yang lebih berbobot. Setelah terhenyak sebentar, sang koki akhirnya mulai memegang kendali dirinya sendiri dan mengajarkan peserta untuk mempelajari teknik dasar memasak, yaitu memasak telur. Disini suasana menjadi cair, karena pada kenyataannya tidak semua peserta mampu dan mengetahui cara memasak telur dengan benar. Bahkan mereka yang mengaku jago dan suka memasak sekalipun bisa salah dalam menyajikan hidangan telur. So, jangan meremehkan pelajaran ini ya teman-teman..

Berikut tips merebus telur dengan tepat sesuai kebutuhan

Alat : 

panci untuk merebus
timer, bisa pakai timer handphone

Bahan :

Air
Telor

Cara Memasak :

1. Masukan air ke dalam panci hingga ketinggiannya sama seperti telur, didihkan

2. Setelah air mendidih, masukkan telur, dan mulai hitung timer sambil api tetap dinyalakan

3. Untuk hasil , bisa dilihat pada grafik di bawah ini tingkat kematangan telur yang diinginkan, saya pribadi suka telur dengan tingkat kematangan 3/4 alias sekitar 6-7 menit. Sehingga telur matang tapi masih ada moist nya. INGAT !! Perhitungan waktu dimulai setelah telur dimasukkan ke dalam air mendidih dan kompor tetap dinyalakan

Chart saya nemu di pinterest


 

Facebook Comments
Tips Masak : Teknik Pisau

Related Post

One thought on “Tips dan Teknik dasar Memasak : Merebus Telur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Antispam *