Halo readers,

Di Bandung, ada restoran Korea yang sangat kami gemari (saya dan suami, cr), ulasannya bisa dibaca disini. Restoran2 ini memiliki menu khas Korea yang sangat terkenal yaitu Samgyeopsal. Samgyeopsal adalah irisan tipis daging perut babi segar. Samgyeopsal biasanya dimarinasi tanpa bumbu lalu dipanggang langsung di meja makan hingga matang. Samgyeopsal sendiri berasal dari 3 kata sam : tiga; gyeop : berlapis; sal : daging, dapat diartikan tiga lapisan yang terdapat dalam daging (otot daging, lemak, kulit)

Di supermarket2  premium, kita bisa menjumpai irisan2 tipis porkbelly yang sudah dikemas dengan rapi. Bila ditempat Anda sulit mendapatkannya, Anda bisa membeli daging samchan yang tebal, membekukannya sekitar 1 hingga 2 jam di freezer, baru diiris tipis2. Porkbelly adalah daging yang tidak sulit didapatkan, murah harganya di pasaran, bila dimasak cepat matang dan empuk. Anak2 juga bisa makan, tentunya tanpa saus cabenya ya..

Samgyeopsal ini sangat kaya akan lemak. Sehingga teksturnya empuk dan gurih rasanya. Saya memanggangnya dengan 2 tingkat kematangan yang berbeda. Yang satu saya panggang hingga agak kering dan berwarna kecoklatan. Yang satu lagi request suami untuk memanggangnya sebentar saja. Gak nyangka, Gory doyan banget, dengan lahapnya dia makan 3 lapis daging yang saya panggang kering. Sementara yang empuk dia gak suka.

SONY DSC

Kelebihan masakan Korea adalah cara masaknya yang sederhana dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Bahan2 yang dipakai juga adalah bahan2 yang segar tanpa proses pengawetan. Lamanya waktu memasak yang singkat adalah salah satu yang saya suka dari masakan Korea. Karena kandungan gizi makanan relatif sedikit berkurang karena proses pemasakan. Selain itu citarasa bumbunya yang wangi dan unik juga membuat saya jatuh cinta dengan Korean Food.

Bagaimana dengan teman2?
Berikut ini cintaresep membagi resep Samgyeopsal supaya teman2 bisa memasaknya sendiri dirumah. Bagi teman2 yang mencari resep makanan Halal, Samgyeopsal bisa diganti dengan daging sapi atau kambing.

Resep Samgyeopsal – Makanan Khas Korea

Bahan :
500 gr porkbelly yang diiris tipis2 (samchan babi), bisa diganti sapi atau kambing
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica
1 sdt minyak wijen
5 siung bawang putih, iris tipis
75 ml minyak zaitun / minyak sayur

Bahan Saus :
1 batang daun bawang, iris memanjang
2 sdm bubuk sambal
1 sdt gula pasir
1/4 sdt garam
6 sdm minyak wijen

Pelengkap :
selada hijau, kimchi, irisan wortel, cabai hijau besar, bawang putih utuh

SONY DSC

Cara Membuat :
1. Lumuri porkbelly dengan garam, merica, dan minyak wijen, sisihkan
2. Panaskan wajan pemanggang, tuang minyak sayur, panggang porkbelly dengan irisan bawang putih hingga kecoklatan, angkat
3. Saus : Campur semua bahan. Aduk rata
4. Panggang sayuran dan bawang putih secara terpisah sebagai pelengkap.
5. Cara makan : Celupkan daging pada saus. Bungkus dengan selada hijau.
Daun selada ini bukan hanya berfungsi sebagai ‘wrap’ atau pembungkus, tapi juga untuk menambah citarasa dan kesegaran samgyeopsal.

Biasanya Samgyeopsal juga disajikan dengan kimchi, karena saya belum pernah masak kimchi, jadi saya menyajikannya dengan sawi putih. Anda bisa memanggangnya juga setelah porkbelly Anda selesai dimasak. Begitu pula dengan wortel. Wortel adalah salah satu sumber vitamin A yang akan keluar rasa manisnya apabila dipanggang, digoreng, atau dimasak.

SONY DSC

Korean food memang sangat menggoda ya, disamping makanannya yang enak2, gizinya lengkap, bahan2nya pun terjamin kesegarannya. Gampang lagi buat dimasak di rumah,
Silahkan mencoba ♥

SONY DSC

Facebook Comments
Ayam Panggang Arak
Japchae Korea - Korean Rest. recommended in Bandung

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Antispam *