Halo readers, howdydo?

Suami saya yang seorang Analis Ekonomi suka sekali memasak untuk mengisi perutlaparnya waktu luangnya. Beliau memberikan tips memasak yang sangat bermanfaat dan cukup menghibur berikut khusus untuk pembaca cintaresep, sila dibaca 😀

Bawang Merah , Bawang Putih

Bawang merah dan bawang putih adalah dua bumbu masak yang paling sering dipakai dalam masakan indonesia, sekaligus juga merupakan dua bumbu yang paling sulit dikupas 😀 serta memakan waktu lama untuk dipersiapkan.

Untuk mempermudah dan mempercepat proses masak, saat ada waktu luang, kupas sejumlah bawang putih dan bawang merah, tutup rapat, dan simpan di kulkas sehingga saat akan masak, tinggal dipakai.

Tekstur

Tekstur berperan penting dalam rasa, beda tekstur, beda rasa. Misal bawang putih yang benar – benar halus dan digoreng akan berbeda rasanya dengan bawang putih yang sekedar dikeprek lalu digoreng.

Merica dan Ketumbar adalah dua bumbu masak yang menurut saya lebih nikmat jika digiling tidak terlalu halus. Tekstur yang agak kasar akan memperkuat rasa dari merica dan ketumbar.

Kesegaran Bumbu

Saya lebih suka merica yang baru saja di giling, sehingga biasanya kami membeli merica bijian, dan digiling atau diblender ketika akan dipakai.

Nasi

Karena orang indonesia harus makan nasi, maka makanan indonesia akan sangat terpengaruh oleh jenis nasi dan kadar air.

Untuk masakan nasi goreng, sebaiknya gunakan nasi sisa kemarin. Atau pada saat memasak nasi untuk dibuat nasi goreng, kadar airnya jangan sebanyak nasi untuk dimakan dengan ayam goreng.

Kalau menu yang akan anda sajikan adalah menu kuah – kuahan, pastikan kadar air nasi lebih rendah. sementara kalau menunya goreng – gorengan, kadar air bisa ditingkatkan pada nasi.

Padanan Makanan

Makanan nikmat tidak harus mahal, Makan akan lebih nikmat jika memiliki padanan yang tepat, sebagai contoh :

Sayur bayam dengan Ikan Tongkol suir

Sayur bayam dengan Tempe Goreng

Ayam goreng dengan Nasi Hangat yang baru dimasak, sajikan dengan sambal.

Gorengan + Timun segar / Tomat = Tepat, ada segar – segarnya

Ayam Goreng + Tempe Goreng = Padanan TEPAT

Ayam Bakar + Tempe goreng = Tempe Ga laku

HINDARI

hindarilah memadukan makanan Timur dan Barat. Misalnya Steak Sapi dengan Tempe 😀

KADAR AIR

Padukanlah makanan dengan kadar air yang tinggi dengan kadar air rendah, misal gorengan dengan tomat atau timun

Protein Alternatif

Protein ayam, bisa diganti dengan kedelai dalam bentuk Tempe, misal sate ayam, bisa juga dibuat dari tempe, jadi sate tempe, saya pernah makan dan rasa tidak beda jauh. Selain itu protein ayam juga bisa diganti dengan Jamur

Kenali Rasa

Rasa ayam cenderung agak hambar, sehingga cocok untuk dibuatkan makanan berbumbu, misal rica – rica, sate dengan bawang merah dan sambel, juga bisa dibuat menu yang cenderung manis. Dan juga cocok dengan tepung – tepungan.

Sementara rasa daging sapi lebih gurih, sehingga kalau menunya terlalu manis, akan tidak cocok, kecuali sate.

Contoh ayam goreng + kecap = Yummy, Sapi goreng + kecap, hiks, menyedihkan.  Sapi goreng pakai tepung, sedih bgt.

Ayam bakar madu yummy, sapi bakar madu, bikin sedih..

Rasa ikan kerapu , kerang cenderung amis, sehingga penambahan jahe , maupun jeruk nipis akan mengurangi bau amis.

Besar Api

Makin tebal masakan anda, apinya harus makin kecil.

Jika anda menggoreng tempe dengan ukuran tebal, maka apinya jangan terlalu besar, karena jika terlalu besar luarnya akan matang, tetapi dalamnya mentah. Sebaliknya kalau tempenya agak tipis, apinya agak besar tidak apa – apa.

Kecipratan Minyak

Cipratan minyak terjadi akibat air bersentuhan dengan minyak panas, karena air memiliki titik didih yang lebih rendah daripada minyak. Untuk menghindari hal ini, perbanyak minyak hingga bisa menggenangi seluruh masakan. Misal mau goreng tempe dengan ketebalan 1 cm, pastikan minyaknya 2 cm. Ini akan mengurangi potensi letupan.

Gula

Gula akan berubah warna menjadi kecoklatan apabila dipanaskan, sehingga jika anda melumuri suatu adonan dengan gula terlalu banyak, ketika dipanaskan (digoreng) maka masakan akan lebih cepat terlihat gosong.

 

Sekian dan Terima kasih 😀

Facebook Comments
Tips Masak : Teknik Pisau
♥♥♥ Tips : How to make your own Desserts Table ♥♥♥

Related Post

One thought on “9 Tips Memasak di Dapur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Antispam *