Halo lagi,

Bagi warga planet bukan penggemar tahu seperti saya dan Gregory ; papanya tidak termasuk, saya harus berpikir keras sekeras-kerasnya kala harus memasukkan menu tahu dalam hidangan kami yang didominasi oleh protein hewani. Digoreng begitu saja sudah pasti akan dicuekkin. Ditumis dan direbus apalagi. Bisa2 makanan ini akan berakhir di tempat sampah karena kurang peminat. Susah payah berpikir saya jadi cape dan memutuskan untuk menghindari masak tahu. Itulah sebabnya postingan cintaresep sangat jauh sekali dari dunia per -tahu-an. Sayang sekali, padahal tahu di negri ini begitu berlimpah dan harganya sangat murah. Nah, postingan kali ini pastinya akan sangat berarti bagi para pembenci tahu, karena siapa tahu Anda akan berubah pikiran seperti kami. ;p

Kali ini saya mau share resep tahu yang amazingly, Gory doyan banget. Memang dalam bentuk gorengan, tapi isi di dalamnya benar2 tahu utuh untuk dikonsumsi. Isinya masih berupa tahu yang lunak dan gurih rasanya, sementara bagian luarnya krenyess garing dan enak banget. Kalau ingin memberi bocoran, sepertinya kami ga sedang makan tahu lho.. apa iya? coba gih…:) Oh satu lagi yang pasti terlintas di benak pembaca, kenapa namanya Tahu Centil siiihhh, apa ga ada nama laen mba? hehehe… saya memberinya nama ini untuk menghargai produsen tahu kuning yang menamai labelnya ini dengan nama Tahu Centil. Teksturnya sangat lunak dan mudah hancur. Cocok dimasak seperti berikut ini..

SONY DSC

Tahu Centil Krenyes

Bahan : 
10 buah tahu kuning, dihancurkan
2 buah telur
1 buah wortel, parut kasar
1  1/2 sdm tepung serbaguna
1  1/2 sdm tepung tapioka / kanji
3 sdm tepung beras
3 siung bawang merah, cincang halus
2 siung bawang putih, cincang halus
1 batang daun bawang, iris tipis
1  1/2 sdt garam
1 sdt gula pasir
1/4 sdt merica
1 sdt minyak wijen
100 ml air

Cara Membuat :
1. Campur semua bahan hingga rata
2. Dengan menggunakan sendok, goreng dalam minyak yang panas dengan api kecil – sedang hingga kuning kecoklatan
3. Tiriskan

SONY DSC

Sebagai salah satu hasil olahan dari kacang kedelai, tahu  diyakini sebagai makanan yang andal untuk perbaikan gizi karena tahu merupakan protein nabati terbaik yang kaya akan asam amino paling lengkap dan daya cerna yang tinggi. Tahu mengandung sekitar 80 % asam lemak tak jenuh. Ini berarti tahu tidak banyak mengandung kolesterol sehingga aman bagi kesehatan jantung Anda. Bahkan tahu bisa menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Cocok untuk Menu diet rendah kolesterol Anda.  Selain itu, kandungan isoflavon dalam tahu meningkatkan pembentukan hormon estrogen yang dapat mencegah kanker payudara. Bagi perempuan, tahu juga berkhasiat memperlambat proses penuaan. Isoflavon tidak hanya terdapat pada tahu melainkan juga pada semua bahan makanan yang terbuat dari kacang kedelai.

SONY DSC

 

Karena tahu adalah soulmatenya kecap manis, maka saya akan menyarankan Anda untuk memakannya dengan cabe rawit atau sambal, dicocol dengan kecap manis yang pastinya akan membuat hidangan ini sangat menonjol.
Setelah mencobanya, kabari saya ya, supaya kita bisa sedikit berbincang dan mencoba membentuk Persatuan Para Pembenci Tahu yang sudah Insaf. ;D
Terimakasih sudah berkunjung ♥

Facebook Comments
Nasi Bakmoy Surabaya Ayam Udang
Sate Tempe ; Indonesia Tempeh Satay

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Antispam *