Halo, readers,

Udah lama banget saya pengen posting variasi resep – resep berbahan dasar tempe, tapi saking gampangnya jadi malas. Di tahun yang baru ini, marilah kita stop kemalasan dan membudayakan makan tempe lebih sering. Ahahay! #disponsoriprodusentempe

Supaya lebih semangat, mari kita gosipin dulu si abang tempe yuk. #eh
Tahukah Anda kalo protein tempe itu lebih tinggi daripada protein daging sapi? Yup, dalam 100 gr daging sapi, terkandung 273 kkal, 17,5 g protein, dan 22 g lemak. Sedangkan dalam 100 gr tempe terkandung 201 kkal energi, 20,8 g protein, 8,8 g lemak, 13,5 g karbohidrat dan 1,4 g serat. Kaget gak? Harusnya kaget hihi. Buat penderita kolesterol seperti saya, tempe adalah bahan makanan yang sangat bersahabat karena kandungan lemaknya sangat sedikit tapi mengandung protein yang sangat tinggi.

Selain kandungannya, tempe adalah bahan makanan mahal yang sangat mudah ditemui di Indonesia. Kenapa saya bilang mahal? karena di luar negri, tempe memang bahan makanan yang langka dan harganya juga tinggi. Coba bandingkan dengan Indonesia? Tempe disini bisa dijangkau oleh berbagai kalangan. Tempe hadir di gubuk2 kecil, ia juga hadir di meja makan orang2 kaya. Tempe mengandung zat antibiotika dan antioksidan yang dapat menyembuhkan infeksi serta mencegah penyakit degeneratif.  Tempe yang adalah protein nabati kaya akan serat pangan, kalsium, vitamin B, dan zat besi. Tempe adalah berkat Tuhan buat Indonesia, betul? Yuk, kita konsumsi tempe lebih sering.

SONY DSC

Sate Tempe

Bahan :
300 gr tempe, potong kotak-kotak

Bumbu Halus :
6 siung bawang merah
3 siung bawang putih
6 butir kemiri
1 sdt garam
1 sdt gula pasir

Sambal Kecap : ( campur aduk)
5 buah cabai, iris kecil2
4 siung bawang merah, iris tipis
1 buah tomat, potong kotak
4 sdm kecap manis

Cara Membuat :
1. Campur bumbu halus dengan 100 ml air, aduk rata, lumuri pada tempe, diamkan selama 30 menit hingga bumbu meresap
2. Tusuk tempe dengan tusuk sate, kemudian bakar hingga matang, boleh diolesi kecap manis jika suka.
3. Hidangkan dengan sambal kecap

SONY DSC

Kalau kata hubby, sate tempe ini mirip kayak sate ayam, baunya udah sama, tinggal tambahin lemak persis deh. hahaha, berkhayal banget ya…
Seperti biasa, kalo yang namanya tempe dimasak apapun, pasti bakalan ludes sama Gregory dan papanya. Kebetulan waktu masak ini papa mama saya sedang bertamu ke rumah, papa yang nyobain satu tusuk bilang enak, dan waktu ditawari makan dengan nasi, beliau yang biasanya jarang mau makan, kali ini dengan sigap membawa piring dan menuju rice cooker. Wow, the power of Sate Tempe ! ;D

SONY DSC

Facebook Comments
Tahu Centil Krenyez
Tahu Kering Balado

Related Post

2 thoughts on “Sate Tempe ; Indonesia Tempeh Satay

  1. Yang seperti ini yang kucari-cari dari dunia: segala sesuatu yang nggak biasa tapi tetap gampang dan murah. Tambah terus dong resep-resep dari bahan lokalnya. Yang kalau tangan cupu dapur sepertiku yang bikin, meski jadinya nggak bisa dilihat, nggak sama seperti di fotomu, tetap bisa dimakan..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Antispam *